Monday, May 26, 2014

Rubber Fender Cell dan Frontal Frame

Rubber Fender Cell dan Frontal Frame

Rubber fender cell diperuntukan bagi dermaga dan pelabuhan dengan kapal besar yang sandar di mana energi yang  tinggi dan reaksi lebih rendah adalah kriteria yang utama.
Desain sandar rubber fender cell adalah bentuk yang kokoh ,ketahanan geser, dan kapasitas untuk energyabsorb yang baik dari segala arah.

frontal frame fender cell


Rubber fender cell dilengkapi dengan frontal frame yang dipasang polyethelene pada bagian permukaan menambah kekokohan dari karet dan mengurangi gaya geser dari tekanan lambung.Rubber fender cell  bisa dipasang di tunggal, ganda atau tiga kombinasi dengan bingkai frontal frame untuk mengoptimalkan karakteristik kinerja.
Fender Cell Frontal Frame
Rubber Fender Cell dan Frontal Frame

Rubber Fender Cell
Frontal Frame PE Pad

Frontal frame fender sendiri terbuat dari rangkaian besi baja yang didesain sedemikian rupa dengan ketebalan plat baja min 10 mm dan rangkaian dalam frontal frame dengan ketebalan 8 mm.desain frontal frame ada berbagai macam dari kotak biasa maupun bentul L yang mana perkuatan frontal frame bentuk L didukung dari perkuatan anchor pada bibir pelabuhan.Finishing ahkir dari rangkaian baja frontal frame yaitu cat anti korosi,dan bagian depan frontal frame dilengkapi dengan uhmw pe pad membantu gesekan dengan lambung kapal karena sifat pe pad yang tahan gesek.

jasa pembuatan frontal frame fender

Tidak semua jenis fender dapat diaplikasikan dengan sistem fender dan frontal frame berikut jenis atau model fender yang cocok digunakan dengan frontal frame yaitu :

Rubber Fender M

Rubber Fender Cell

Rubber Fender Element

Rubber Fender Cone

Kami membuat dan fabrikasi untuk frontal frame fender dermaga dengan segala model dan spesifikasi yang dibutuhkan sekaligus pemasangan di lokasi di seluruh indonesia.

PRODUK – Karet Konstuksi – Gada Bina Usaha 081233069330

bantalan karet jembatan / elastomeric bearing pads / karet elastomer jembatan, rubber bumper gudang / karet bumper loading dock, karet expansion joint / karet dilatasi, karet dapra kapal, karet graving dock, landasan karet strip jembatan, bollard dermaga

dengan segala model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi  jembatan, dermaga, bangunan di Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :

CV.Gada Bina Usaha – Andreas – Fast Respon

WAhttps://wa.me/6281233069330

Dengan Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gaada Bina UsahaProduk rubber fender dermaga, karet elastomer jembatan, karet bumper loading dock, karet dapra kapal, bollard, karet expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/

 


Friday, May 23, 2014

Bollard Bolder Dermaga

Bollard Bolder Dermaga

Bollard (bolder, besi cor tambatan kapal) sebagai komponen dalam konstruksi dermaga selain rubber fender, bollard memiliki peranan yang penting sebagai bagian dari alat keamanan kelautan terutama di dermaga.

Fungsi Bollard Dermaga 

Fungsi bollard adalah tempat dimana tali kapal ditambatkan agar posisi kapal tetap pada tempatnya,karena saat sandar pada dermaga kapal riskan terkena goncangan air laut karena ombak maupun angin laut.untuk ukuran kapal yang besar pada dermaga tali kapal bahkan  ditempatkan pada dua sisi dari kapal yaitu bagian buritan dan anjungan kapal agar benar - benar kapal aman tetap pada posisinya.

kami menyediakan bollard (bolder) sesuai pesanan maupun standard bollard dari kita berikut anchor bolt baik galvanis maupun stainless.
tersedia dalam berbagai kapasitas mulai 10 Ton - 200 Ton dalam berbagai model bollard
adapun tipe bollard yang dapat kami sediakan antara lain :

Bitt Bollard (Drum Bollard) 


bollard bitt

Curve Bollard (Harbour Bollard)


bollard curve


Tee Bollard 


bollard tee

Staghorn Bollard 


bollard curve

Single Bitt Bollard


bollard single bitt

Pemasangan Bollard 

Pemasangan atau instalasi  Bollard ada pada lantai dermaga / jetty posisi nya harus dapat menampung bagian depan kapal atau buritan kapal untuk kapal berskala besar. Pada lantai dimana bollard akan dipasang harus ditanam anchor bolt dilaskan pada tulangan lantai dermaga dan dicor ulang (untuk pemasangan dengan kondisi sdh cor atau penggantian).contoh gambar pemasangan bollard dengan kondisi dermaga baru seperti dibawah ini : 
pemasangan bollard bitt

pasang bollrd curve

Pemesanan Bollard Bolder Dermaga

Kami CV.Gada Bina Usaha bergerak dalam bidang supllier kebutuhan dermaga sejak 2010 (dengan referensi pemakaian produk yang terdata dan bisa diberikan kepada calon customer) ,Main produk kami adalah rubber fender, bersamaan dengan itu kami juga mensuply kebutuhan bollard dengan berbagai macam tipe seperti diatas.apabila anda seorang kontraktor yang sedang mengerjakan dermaga maupun pengadaan bollard dan rubber fender dapat hubungi kami dengan memberikan spesifikasi dan detai gambar bollard maupun fender,Hubungi kami CV.Gada Bina Usaha dengan workshop dan kantor yang jelas - PETA SUPLLIER BOLLARD FENDER 
FAST RESPON VIA WA : https://wa.me/6281233069330

Sunday, May 11, 2014

Penyandaran Kapal di Dermaga Pelabuhan

Prosedur Sandar dan Lepas Sandar Kapal Di Pelabuhan

Setibanya kapal di dermaga pelabuhan ada Prosedur Sandar dan Lepas Sandar Kapal Di Pelabuhan yang harus di ikuti dan di terapkan,Semua itu harus mengikuti peraturan peraturan yang sudah ada dalam undang undang pelayaran.Dimana ada tehnik dan cara bagaimana sandar dan lepas sandar bila arus dari depan dan ombak dari arah laut dan banyak lagi aturan sandar yang sudah biasa anda lakukan harus menurut dan mengikuti Prosedur Sandar dan Lepas Sandar Kapal Di Pelabuhan.adapun contoh beberapa persiapan berikut ini.

1. Semua instruksi diberikan dari anjungan navigasi
2. Namun demikian perwira jaga harus melaporkan setiap situasi berbahaya yang timbul pada operasi penambatan
3. 2Tromol/winch harus dihidupkan paling sedikit satu jam sebelum penambatan dimulai
4. Pada waktu menerima atau melepaskan kapal tunda, isyarat yang jelas harus dimengerti dan diakui antara anjungan dan stasiun penambatan
5. Seluruh operasi penambatan harus dilakukan di bawah tanggung jawab perwira
6. Sebelum tiba, Mualim I harus memastikan seluruh stopper, tali penghantar, dan tali lainnya siap digunakan. Pelindung tikus harus pada tempatnya dan lengkap untuk tiap tali tambat
7. Kirim hanya jumlah tali tambat yang dapat anda tangani pad suatu waktu. Jangan mengirim seluruh tali tambat pada waktu bersamaan pada waktu kapal sedang mendekati dermaga atau menyesuaikan posisinya
8. Untuk mengatur posisi kapal, gunakan hanya satu tali spring dan tali tambat haluan atau buritan.
9. Jangan mencampur beberapa jenis tali tambat tali, misalnya bila tali tambat haluan dari nilon, maka semua tali tambat haluan harus dari tali nylon dengan diameter yang sama

Pemindahan Antar kapal (Ship to Ship Transfer)

Prosedur yang harus diikuti dalam melakukan pemindahan antar kapal adalah :

1. Tetapkan jalur komunikasi sebelum kapal bertemu
2. Pastikan posisi, kecepatan dan arah pendekatan kesiapan perlengkapan dan kondisi kapal serta keadaan laut termasuk arus pasang surut, arus tinggi ombak dan alun
3. Perbaharui kondisi laut dan cuaca secara berkala dan beritahu kapal lain yang akan melakukan pemindahan antar kapal
4. Daprah dan tali penghantar harus siap
5. Komunikasi antar kapal, di kapal sendiri dan awak deck harus jelas
6. Jika memungkinkan, jangan melakukan pemindahan antar kapal pada malam hari.
7. Dalam melakukan pemindahan antar kapal Perusahaan harus terus diberitahu
8. Jangan mendekati kapal dengan menggunakan pasang/arus atau angin, melainkan harus selalu dari bawah angin dan melawan aarus. Jika tidak terdapat ruang yang cukup untuk olah gerak, minta kapal lain tersebut untuk berlabuh jangkar
9. Isi Checklist Pemindahan antar kapal sebelum operasi dimulai

Tali Mooring
Menurut kamus bahasa indonesia tros yaitu tali pengikat kapal di haluan dan buritan kapal-kapal sandar atau tambal di bui atau dadung kapal.
Penambatan (pengikatan) kapal di dermaga paling sedikit oleh empat tali yaitu tros muka (head line), tros belakang (stren line), spring muka (forespring) dan spring belakang (back spring). Kadang-kadang untuk kapal-kapal yang besar atau pada gelombang atau arus/angin besar ditambahkan tros melintang. Hanya harus diingat agar tali-tali itu sama kencangnya.
Hubungan tros kedarat/dermaga umumnya dilakukan dengan tali buangan. Tali buangan dibuat dari tali manila atau misal dimana ujungnya diberi kantong pasir atau sebuah simpul tali sebagai
pemberat. Pada akhir-akhir ini tali buangan dibuat dari nilon karena kecuali ringan juga jarang membelit dan lebih kuat. Pada saat kapal mendekati dermaga maka dilemparkan tali buangan dari kapal ke dermaga. Setelah ujung tali buangan sampai didarat maka ujung tali buangan yang berada dikapal diikatkan pada tali tros.
Didarat orang menarik tali buangan dan bersamaan dengan itu kapal diarea (diukir). Jika ujung mata tali tros itu sampai didarat maka dimasukan kedalam bolder dan dari kapal tali tros tersebut di hibob (ditarik). Apabila kebetulan bolder (didermaga) yang akan digunakan telah dipakai oleh kapal lain, maka tali tros tersebut dimasukan dibawah mata dari tali tros kapal lain itu, kemudian baru dipasang di bolder. Cara ini dimaksudkan untuk mempermudah melepaskan tros oleh kapal yang terdahulu berangkat.
Setelah tali tros cukup kencang maka penarikan di stroper dan dengan cepat dilepaskan lingkarannya dari split penggulung (capstan atau warping wich), kemudian dibelitkan secara menyilang dibolder. Pekerjaan ini harus dilaksanakan dengan cepat karena fungsi stopper pada saat itu hanya untuk menahan tros, yang kencang untuk sementara saja.
Umumnya kapal-kapal besar bersandar dengan mendapat bantuan kapal tunda. Kalau tidak ada kapal tunda gerakan harus dibuat sedemikian rupa sampai dekat dengan dermaga. Umumnya gerakannya dilakukan sedemikian: Kapal mendekati dermaga dengan membentuk sudut dan kecepatan kecil, setelah pada jarak yang cukup tros depan dikirim ke darat dengan pertolongan tali buangan. Pada posisi 2, mesin mundur setengah, kemudi diatur hingga buritan akan kekiri dan tros belakang dilempar kedarat dengan pertolongan tali buangan. Pada posisi 3, mesin stop, tros muka dihibob (ditarik) menurut kebutuhan hingga haluan akan bergerak kedarat sedang buritan akan menjauh kelaut. Sewaktu tali belakang kencang maka titik putarnya berpindah dimana tali belakangnya terikat, sehingga timbul tegangan samping yang cukup berat. Kemudian tros belakang dihibob bergantian dengan tros depan, agar pada waktu menghibob tali-tali ini, kapal tidak menggeser kemuka maupun kebelakang, maka dikirimkan spring muka dan belakang dan dipasang dibolder didarat.

Jangkar
Pengaturan Jangkar di gunakan untuk berlabuh jangkar dan juga membantu pada saat kapal sandar dan lepas sandar. Pada kapal modern pada umumnya dilengkapi dengan dua jangkar yang berada di haluan. Susunannya anchor arrangement adalah sebagai berikut :

1. Anchor windlass : untuk heave up dan slack away chain cable

2. Anchor cable (chain cable): menghubungkan jangkardan windlass serta cable clane

3. Bow Stopper : menahan anchor dan chain cable

4. Hawsepipe : tempat /jalur keluarnya anchor dan chain cable

5. Anchor : menancapkan pada dasar laut

6. Chain locker : tempat menyimpan chain cable

7. Cable clane : tempat mengikat ujung chain cable didalam chain locker

Friday, May 9, 2014

Rubber Fender V dengan PE Pad

Rubber Fender V dengan UHMW PE Pad

Desain dari Rubber Fender V dengan permukaan yang diperkuat UHMW PE Pad menjadikan Rubber Fender lebih kuat dan life time dari karet lebih tahan lama.
UHMW PE Pad adalah Ultra High Molecular Weight Polyethylene merupakan golongan Polyethylene dengan grade performa yang paling tinggi,paling ulet dan tangguh untuk aplikasi sliding atau gesekan karena koefisien gesekan yang paling kecil. UHMW PE pad memiliki ketehanan terhadap aus dan abrasi yang paling baik dan memiliki ketahanan impact yang luar biasa baik.

rubber fender v pe pad


Penggunaan UHMW PE Pad pada permukaan Rubber Fender V sangat dianjurkan sekali mengingat sifat PE pad yang sangat baik.

Pemasangan PE pad pada Rubber Fender V diperkuat dengan baut,kami telah banyak memproduksi Rubber Fender V dengan perkuatan PE Pad pada bagian permukaan Rubber Fender.

Rubber Fender V dengan UMHW PE Pad

V Rubber Fender Polyethelene

Rubber Fender ANP

Produk Karet Dermaga, Karet Jembatan, Karet Bangunan Gada Bina Usaha 081233069330

bantalan karet jembatan / elastomeric bearing pads / karet elastomer jembatan, rubber bumper gudang / karet bumper loading dock, karet expansion joint / karet dilatasi, karet dapra kapal, karet graving dock, landasan karet strip jembatan, bollard dermaga

dengan segala model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi  jembatan, dermaga, bangunan di Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :

CV.Gada Bina Usaha – Andreas – Fast Respon WA

https://wa.me/6281233069330

Dengan Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gaada Bina Usaha

Produk rubber fender dermaga, karet elastomer jembatan, karet bumper loading dock, karet dapra kapal, bollard, karet expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/


Wednesday, May 7, 2014

Jenis Rubber Fender

Jenis Rubber Fender Dock Fender Karet Fender

Di Indonesia ada berbagai macam jenis rubber fender yang beredar dipasaran semuanya memeiliki bentuk dan ukuran yang berbeda - beda. Gada Bina Usaha produsen Rubber Fender Dermaga sejak 2010 CV.Gada Bina Usaha dengan refensi pemakaian bisa diberikan dari tahun 2010 (data ready) pengalaman menyediakan berbagai macam model karet fender dermaga,jenis rubber fender 

rubber fender dermaga

  • Rubber Fender V

bentuk fender seperti huruf V dengan penguatan menggunakan anchor bolt atau dyna set untuk penggantian fender dengan berbagai ukuran fender 

rubber fender v


  • Rubber Fender AV

jarang digunakan di dermaga di indonesia keuntungannya permukaan lebih lebar dari fender V jadi kondisi kapal akan menyentuh permukaan lebih terakomodir karena permukaan lebar.

rubber fender AV




  •  Rubber Fender M

Bentuk M fender seperti V lengkap dengan kaki fender untuk baut permukaan juga lebih lebar. 
rubber fender M



  • Rubber Fender D 

Fender D setengah lingkaran tidak hanya digunakan pada dermaga namun ukuran fender D yang lebih kecil digunakan sebagai bumper loading dock

rubber fender d





  • Rubber Fender Cylinder

pengutan fender cylinder hanya menguunakan rantai pada lubang nya dan di bolt di pinggir dermaga selain itu digunakan juga sebagai dapra kapal.

rubber fender cell

  • Rubber Fender Square

Bentuk square fender bentuk kotak dengan lubang bolt dipasang pada sisi ujung pile (pile kotak) jetty dermaga bentuknya bisa fleksible seturut dengan pile 

rubber fender square

  • Rubber Fender Cell dan Frontal Frame

Fender Cell pemasangannya menggunakan bolt sebagai fender support saja karena intinya fender cell harus dipasangi frontal frame di bagian depannya.

frontal frame fender cell

  • Rubber Fender Cone

fender cone berbentuk kerucut beberapa PLTU saja yang menggunakan fender cone jarang sekali dermaga menggunakan fender ini,karena fender cone sama dengan cell harus dipasang frontal pada bagian depannya.

rubber fender cone


Pemesanan Rubber Fender 

Produk Karet Dermaga, Karet Jembatan, Karet Bangunan Gada Bina Usaha 081233069330

bantalan karet jembatan / elastomeric bearing pads / karet elastomer jembatan, rubber bumper gudang / karet bumper loading dock, karet expansion joint / karet dilatasi, karet dapra kapal, karet graving dock, landasan karet strip jembatan, bollard dermaga

dengan segala model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi  jembatan, dermaga, bangunan di Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :

CV.Gada Bina Usaha – Andreas – Fast Respon WA

https://wa.me/6281233069330

Dengan Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gaada Bina Usaha

Produk rubber fender dermaga, karet elastomer jembatan, karet bumper loading dock, karet dapra kapal, bollard, karet expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/